7 Konsep Agar Doa Kita Terkabul (Insya-Allah)

7 Yang Harus Anda Punya

7 Yang Harus Anda Punya

Kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai tauziah khususnya bagi saya sendiri sebagai seorang muslim. apalagi di bulan Ramadhan seperti ini tak ada salahnya jika sedikit sharing mengenai pengetahuan agama :D, kebetuln bulan ini adalah bulan Ramadhan, bulan dimana para manusia berbondong-bondong untuk mendapatkan Rahmat Allah SWT berkali kali lipat. mulai dengan melaksanakan Puasa dan Ibadah Sunnah lainnya. salah satunya adalah dengan Ber Doa. namun kita tidak pernah tahu apakah Doa kita diterima disisiNya atau tidak. dalam konsep secara logika sebenarnya ketika kita akan meminta kepada orang lain  pasti akan diberi sesuai porsi atau kebutuhan, bisa juga diberi lebih karena suatu hal. itulah doa menurut saya.

sama halnya didalam Islam tentunya kita memohon kepada Allah sama prinsipnya, Dia akan memandang kita apakah kita pantas atau tidak dalam memberikan permohonan kita kepadanya. dari beberapa 7 konsep tersebut yang pertama adalah sebagai berikut :

Integritas

secara kamus arti dari kata Integritas  adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan definisi lain bisa juga dikatakan dengan menunjuk konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang dengan kata lain tidak munafik. sebagai seorang muslim tentunya harus mampu menjunjung nilai Integritas tentang prinsip-prinsip Keimanan . lalu apa hubungannya dengan Doa yang terkabul? tentunya Allah akan lebih memilih seorang muslim dengan Integritas tinggi dalam mengabulkan doanya. didalam Al-Quran tertulis jelas :

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

dalam ayat tersebut jelas bahwa doa yang dikabulkan adalah mereka menjaga integritas tentang segala PerintahNya,Keimanan Kepada Nya dan Kebenaran Nya.

Kualitas

Konsep berikutnya adalah Kualitas atau Mutu yang merupakan tingkat baik buruknya sesuatu, dapat kita lihat bahwa doa sebenarnya sudah disediakan dan dituliskan dalam  Al-Quran dan Hadist bahwa sesungguhnya Allah memberikan tuntunan bagaimana kita berdoa. dan tentunya doa yang berkualitas adalah doa yang telah di ajarkan para suri teladan kita Nabi Muhammad SAW dan beberapa doa yang ada pada Al-Quran selain itu doa yang di kabulkan adalah doa seorang hamba yang mampu menghayati isi dari doa tersebut baik dari Al-Quran maupun Hadist.

Mawas

Mawas diri akan membawa hidup lebih baik, mawas diri itu artinya melihat dirinya sendiri atau dinstropeksi (melihat kedalam diri sendiri), apakah kita sudah cukup baik untuk berdoa, cukup pantas untuk berdoa dan menerima apa yang kita harapkan dari doa tersebut. seperti dalam hadist

Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak) [HR. Tirmidzi].

Cerdas

Disini yang dimaksud cerdas adalah mereka ketika berdoa mempunya pikiran yang tenang, sebelum melakukan doa hendaklah mengetahui dan pandai dalam adab berdoa. pengetahuan tatanan atauurutan doa harus jelas.

Pantas

Sebelum meminta lebih baik kita memantaskan diri terlebih dahulu. ini sebenarnya berkaitan dengan intropeksi diri. Memantaskan diri artinya membuat diri kita memang pantas mendapatkan apa yang kita minta baik dengan ikhtiar lahir maupun bathin. Biar kelihatan masuk akal maka akan saya jelaskan cara lazim doa terkabul., sudah pantas apa belum. sudah pantaskah kita menerima pemberian dari Allah tentang doa kita tersebut. untuk itu marilah kita memantaskan diri atas doa yang kita inginkan.

Ikhlas

didalam berdoa harus diniati dengan rasa ikhlas, meminta dengan suara lirih dan niat dari dalam hati yang paling dalam, Suara lirih itu cerminan dari ikhlas dan juga dapat menghimpun semua kebaikan dan meminta perlindungan. Doa merupakan sikap penghambaan, kerendahan hati dan berserah diri.  Memuliakan Allah melalui lantunan Doa yang ikhlas dan tulus merupakan wujud dari memuliakan Allah dan rasa syukur yang maha kuasa atas apa yang kita lakukan. seperti ucapan terimakasih bukan sekedar kata atau ucapan yang cukup dikeluarkan dari mulut semata, melainkan juga diwujudkan dalam amalan keseharian hidup kita sebagai manusia. Dengan segala adab berdoa yang ada, diharapkan kita secara maksimal mengucapkan rasa keluh kesah dan rasa syukur kepada sang penciptanya.

Jelas

Diibaratkan seperti kita meminta sesuatu kepada orang tua diwaktu kecil dulu sama dengan kita meminta kepada Allah SWT berdoa harus jelas tujuannya. sebagai contoh “Ya Allah Jadikanlah Aku Orang Kaya” disini masih ambigu, apakah kaya hati, kaya materi, seberapa ukuran kaya itu. Doa yang baik adalah keinginan dari lubuk hati yang paling dalam dan kita bukan sekedar menginginkan tapi juga memerlukannya.

Yakinlah engkau akan hasil Pasti tiap-tiap usaha spiritual (Shalat, Dzikir, Berdoa dll) akan tetapi kita harus memiliki kesabaran untuk menantikan hasilnya”. Allah pasti mengabulkan doa yang kita panjatkan, iringi dengan zikir dalam waktu tertentu, ditambah dengan puasa dan dilakukan secara terus menerus niscaya Allah akan mengabulkan doa anda (InsyaAllah) :)

About these ads

10 Responses to 7 Konsep Agar Doa Kita Terkabul (Insya-Allah)

  1. Ilham mengatakan:

    konsep yang menarik mas. pengingat yang baik di kala berdoa.

  2. Rani Novariany mengatakan:

    nice info nih ka, bisa di coba :D makasih ya ^^

  3. Wie mengatakan:

    Thanks for sharing ya :)

  4. tama mengatakan:

    aku sudah menunggu sangat lama……:(
    dalam setiap doa-doa ku aku selalu menangis tapi kenapa aku belum mendapatkan apa yang aku inginkan…………,,,,,,,,,,,,,,?!
    apa aku tidak pantas dengannya,,,,,,,,,,,,……….?!
    =(

    • mysukmana mengatakan:

      setiap doa pasti di kabulkan, jika tidak dikabulkan di dunia mungkin di akherat kakak akan dapat balasannya, tetap ikhtiar dan istiqomah dan selalu di jalan-Nya, jangan putus asa ya..Allah tau apa yang terbaik untuk kakak :)

  5. Bang Ikki Jadul mengatakan:

    postingannya sangat menarik gan :) arigatou

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: